Lowongan kerja internet, Anda dibayar setiap survei, syarat: bisa internet. Informasi selengkapnya

Pertanian:Ilmuwan Nyentrik Temukan Sertani 1


.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Benih unggul baru Sertani 1 yang mampu memproduksi gabah hingga 14 ton dikenalkan oleh ilmuwan nyentrik, Surono Danu, yang difasilitasi oleh Serikat Tani Lampung.

Dalam diskusi tematis tentang benih unggul lokal baru yang berlangsung di Sekretariat Serikat Tani Lampung Jalan M.S. Batubara, kemarin, Surono Danu menjelaskan jika benih padi Sertani I ini mampu memproduksi gabah lebih banyak dibandingkan padi hibrida sekalipun. Secara teknis, Surono menjelaskan jika kebutuhan benih relatif sedikit dibandingkan benih lain yang digunakan petani saat ini. Benih Sertani 1 ini hanya menggunakan paling banyak 10 kilogram benih per hektare dan setiap malainya mampu menghasilkan minimal 240 gram dengan asumsi potensi produksi sebanyak 14 ton per hektare.

Benih ini tidak memiliki perawatan khusus bahkan tidak membutuhkan suplai air yang memadai karena benih ini mampu menyerap oksigen dengan sendirinya. "Justru dengan pasokan air yang lebih banyak, produksi menjadi tidak maksimal," kata Surono Danu.

Benih ini juga mampu hidup di berbagai kondisi tanah apa pun seperti perladangan, gogo rancah, sawah, dan salinitas atau lahan yang kurang bagus untuk produksi.

Kemudian dari segi pemupukan, benih Sertani 1 ini hanya membutuhkan paling banyak lima kuintal per hektare dan tahan terhadap hama apa pun seperti hama tikus yang meskipun malai maupun batangnya digigit oleh tikus, tetapi benih ini mampu menutup luka akibat gigitan hama hanya dalam waktu 24 jam dan tetap bisa tumbuh dengan baik.

Demikian halnya jika dilihat dari segi ketahanan penyakit, jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman padi adalah red strip dan blas, benih Sertani 1 memiliki antibodi sendiri sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Benih ini merupakan hasil persilangan antara jantan yang berasal dari Dayang Rindu dan betinanya adalah Sirendah Sekam Kuning dan Sirendah Sekam putih.

Latar belakang diciptakannya benih ini dimulai pada Desember 1982 dengan pejabat perekonomian di Lampung tentang perlunya inventarisasi padi unggul lokal Lampung.

Berdasarkan hal tersebut, Surono Danu kemudian 1983--1984 mencari benih unggul lokal lampung sampai akhirnya ditemukan dan dilakukan budi daya percontohan dibeberapa daerah seperti Lamteng, Lamtim, Metro dan Lamsel.

Sementara itu, Ketua Dewan Serikat Tani Lampung Anang Prihantoro mengatakan ketahanan pangan nasional adalah sesuatu yang sangat serius sehingga semestinya tidak begitu saja kita serahkan pada pihak asing dengan mengimpor benih dari luar negeri yang belum tentu sesuai dengan agroklimat di Lampung.

Sementara itu menurut Ketua LBH PAS Amor Tampubolon mengatakan temuan yang merupakan kearifan lokal ini mendapat prioritas ini,"kalau ada potensi lokal kenapa harus tergantung kepada asing," katanya.

Dan, dari sudut advokasinya, lanjutnya, adalah gerakan untuk mencintai produksi sendiri walaupun dalam wilayah yang lebih kecil. SWA/K-1

Lampung Post

One Response to “Pertanian:Ilmuwan Nyentrik Temukan Sertani 1”

  1. Gabung ke sini:

    http://forum.vb-bego.net/

    syarat:
    - jangan pelit!
    - jangan malu-maluin

    by PujanggaEdan