Lowongan kerja internet, Anda dibayar setiap survei, syarat: bisa internet. Informasi selengkapnya

Materi Dasar J2ME


.

Java 2 Micro Edition
Java 2 Micro Edition merupakan subset dari J2SE yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embeded sistem dan handled yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan J2SE. Embeded sistem adalah produk-produk dengan komputer kecil berada didalamnya, namun aplikasi yang bisa dimanfaatkan dari peralatan tersebut sangatlah spesifik. J2ME menyediakan lingkungan runtime yang optimal untuk embeded system, seperti: pager, handphone, PDA, 3G handset, webphone, iTV, sistem navigasi mobil, dan sistem keamanan gedung. J2ME digunakan pada perangkat yang memiliki memory kecil.
Seperti aplikasi Java pada umumnya yang menggunakan JVM, dalam J2ME digunakan pula Java Virtual Machine yang disebut K virtual machine. K virtual machine adalah virtual machine yang sangat kecil dalam kebutuhan memorinya. Huruf K disini adalah singkatan dari kilobyte. K virtual machine ini berjalan pada memori 128 sampai dengan 512 kilobyte.

Proses Loading pada Aplikasi J2ME
Ketika sebuah aplikasi telah selesai dibuat, diperlukan sebuah mekanisme khusus yang memugkinkan sebuah aplikasi dapat disimpan kedalam sebuah perangkat komunikasi bergerak. Umumnya, digunakan istilah yang dinamakan Application Management Software (AMS) untuk menerangkan mekanisme tersebut. Skenario proses download adalah sebagai berikut:

• Seorang pelanggan mengakses sebuah halaman web atau WAP menggunakan perangkat komunikasi bergeraknya.
• Selanjutnya pelanggan tertarik terhadap suatu aplikasi dan memilihnya, secara otimatis file descriptor aplikasi tersebut akan ter-download melalu jaringan komunikasi ke handset nya. Pada umumnya ukuran file ini relatif kecil sehingga proses download sangat cepat.
• File descriptor ini memberitahukan pengguna beberapa hal mendasar tentang aplikasi yang baru saja di-download, misalnya versi, ukuran file dan sebagainya. Sehingga bila space memori handset tidak cukup atau file tersebut sudah ada maka pengguna bisa membatalkannya.
• Jika tidak ada permasalahan dengan kondisi handset, AMS akan mulai mendownload aplikasi dan menyimpannya, untuk kemudian muncul pada pilihan aplikasi.

Dasar-dasar Midlet
Midlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan Java 2 Micro Edition dengan profile Mobile Information Device Profile (MIDP). MIDP dikhususkan untuk digunakan pada handset dengan kemampuan CPU, memori, keyboard, dan layar yang terbatas. Secara umum terdapat beberapa hal penting dalam membuat sebuah aplikasi MIDLET, yaitu menyangkut life cycle, user interface, command handling, deployment dan Application Management.

2 Responses to “Materi Dasar J2ME”

  1. Qie.. says:

    Blognya Lumayan Keren, materi cukup Berbobot tapi Ga Update..

  2. vitons says:

    my j2me http://id.wen9.com